1.
Definisi Telematika ?
Telematika adalah singkatan dari
Telekomunikasi dan Informatika. Telekomunikasi berasal dari bahasa Perancis
yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang diartikan sebagai bertemunya sistem
jaringan komunikasi dengan teknologi
Informasi. Istilah Telematika di gunakan di Indonesia pertama kali pada salah
satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978.
2. Media komunikasi apa saja yangg digunakan untuk
telematika?
a.
Handphone
b.
Televisi
c.
Radio
d.
Internet
e.
Sosial Media
f.
Jaringan / Network
g.
Aplikasi – Aplikasi pendukung seperti Video
Conference, Games, dll
3.
Jelaskan perkembangan telematika sebelum &
sesudah internet muncul!
a.
Perkembangan telematika sebelum internet muncul
Pada tahun 1970an – akhir tahun 1980an dimana pada periode rintisan ini
penggunaan telematika sangat terbatas. Masa dimana beberapa orang Indonesia belajar
menggunakan telematika atau minimal mengetahuinya. Tahun 1980-an teleconference
terjadwal hampir sebulan sekali di TVRI yang menyajikan dialog interaktif
antara Presiden Suharto di Jakarta dengan para petani di luar Jakarta, bahkan
di luar pulau jawa. Lalu pada periode pengenalan, jaringan radio amatir yang
jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. Itu merupakan
efek kreatifitas anak muda, setelah dipinggirkan dari panggung politik yang
kemudian disediakan wadah baru dan dikenal sebagai Karang Taruna. Pada sisi lain, mulai digagas sejak tahun 1980-an dan
terus berkembang.
b.
Perkembangan telematika sesudah internet muncul
Seiring perkembangan telematika pada tahun 2011 yang semakin pesat
dikarenakan SDM manusia yang terus meningkat serta pengetahuan akan teknologi
manusia dalam menciptakan teknologi. Manusia terus menciptakan berbagai macam
teknologi untuk membuat susatu yang luar biasa, salah satunya robot yang unik untuk dapat melakukan apapun seperti
manusia. Karena kebutuhan manusia yang tidak pernah habis – habisnya sehingga
manusia terus belajar untuk menciptakan apa yang diinginkan khususnya dalam bidang
telematika. Khususnya di Indonesia perkembangan telematika semakin cepat dan
pesat dikarenakan internet sudah merambah luas ke daerah pelosok nusantara
sehingga manusia bisa menggunakan internet itu dengan baik.
4.
Apa yg Anda harapkan kedepannya dengan adanya
telematika di Indonesia
Harapan saya dengan adanya telematika,
masyarakat Indonesia lebih cerdas mengelola dalam menggunakan teknologi. Dengan
adanya telematika seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia, bukan
hanya menggunakannya saja tetapi dapat mengembangkannya sesuai kebutuhan atau
menciptakan teknologi buatan sendiri dengan membuktikan bahwa negara Indonesia juga
bisa membuat teknologi dengan kemampuan sendiri. Juga diharapkan agar pengguna
telematika tidak menimbulkan dampak negative bagi siapapun.
5.
Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang
faktor yang mempengaruhi layanan telematika yg dapat dengan mudah diakses!
a.
Ketersediaan Koneksi
Seiring dengan perkembangan zaman, di negara Indonesia juga semakin mengalami
perbaikan dari segi layanan serta tariff yang sering ditawarkan oleh berbagai
provider dibanding dengan negara lain.
b.
Sarana Akses
Contoh dari sarana akses yaitu smartphone atau laptop. Dengan adanya
smartphone maupun laptop layanan telematika dapat diakses dimana saja dan
kapanpun.
c.
User Friendly
Dengan layanan yang user friendly akan mempermudah para pengguna untuk
mengakses dan melakukan komunikasi melalui layanan telematika tersebut.
d.
Availability
Dengan layanan telematika yang selalu tersedia akan mudah dengan
mengaksesnya.
Sumber :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
2. http://room1028.blogspot.co.id/2014/10/tugas-1-pengantar-telematika.html
3. http://tisyuforever.blogspot.co.id/2014/09/media-komunikasi-yang-digunakan-untuk.html
0 komentar:
Posting Komentar