Rabu, 26 Maret 2014

ARTI SEBUAH PUISI



Puisi yaitu ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Gubahan dalam bahasa yang bentuknya di pilih dan di tata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus, yang menciptakan syair-syair  indah sehingga para penikmat terkagum-kagum.
Sebuah contoh karya puisi dari seorang siswa SMA Pringsewu yang bernama C.Probolini yang berjudul “SALAH”


SALAH

Aku jenuh dengan dirimu, sobat!
Aku jenuh melihatmu tiada daya
Aku jenuh kau selalu menyeruduk mimpiku
Aku jenuh karena kau gila!
                       
                        
                        SangAnda aku ini gadis bodoh. Tapi nyaris
                        SangAnda aku ini sepolos kapur. Tapi nyaris
                        Tentang itu aku memang tidak mau tau
                        Kau bukan sebab dan aku bukan akibat


Kita analogikan saja hati kita
Kita buat mereka iri pada kita
Genggamlah erat hati ini, Genggamlah
Telusurilah jiwa kosong ini, Telusurilah
                       
                         
                        Biarkanlah energi alam membantu kita
                        Biarkanlah loncatan bunga api listrik
                        Berselingkuh dengan petir
                        Apa toh daya kita?
                        Kita tak kuasa mengelaknya, sobat


Wajahmu memang tidak istimewa
Yang tidak istimewa itu justru membuatku bingung
Bingung bagaimana harus masuk ke dasar hatimu
Hatimu yang begitu dingin
                       
                         
                        Sebaiknya jangan kau hancurkan kastil indah ini
                        Dan kau pikirkan, Jangan kau hancurkan naluriku
                        Kau pikir mampu memulainya
                        Jangankan melihat kau memulai
                        Mengakhirinya pun aku tidak tega


Bagaimana bisa ini terjadi, kau yang begitu kusayangi!
Umpan yang kau berikan padaku
Sungguh aku tidak bisa menelannya
Maaf …. Benar-benar maaf.


Makna puisi di atas menurut pendapat saya

Puisi di atas sangat bagus. Walaupun belum sebanding dengan karya puisi Sapardi Djoko Damono atau W.S Rendra atau TaufiQ Ismail. Tetapi, Puisi yang cukup sederhana di atas dalam pengungkapannya yang kaya akan majas, terutama aneka jenis majas seperti: Anakora, Ephistrofa, Simploke, Mesodikplosif, Epanalepsis, dan sebagainya. Satu hal yang sangat mengejutkan bagi para remaja pada umumnya adalah penolakan cinta seorang sahabatnya. Bagi dia, Persahabatan yang tulus jauh lebih berharga daripada masuk dalam percintaan yang justru sering membawa kecemburuan, kebencian, egoism, dan posesif. //…..Kau yang begitu ku sayangi/Umpan yang kauberikan padaku/Sungguh tak bisa menelannya/Maaf….//

Demikian saya telah mengartikan makna sebuah puisi karya C.probolini yang berjudul "SALAH"

0 komentar:

Posting Komentar